Era Musik Klasik

Didefinisikan sebagai periode waktu dalam sejarah musik barat, era klasik dimulai sekitar tahun 1735 dan berakhir pada tahun 1825, periode klasik berada ditengah setelah periode Baroque dan sebelum era musik Romantic. Apakah yang dimaksud dengan kata "klasik" dalam konteks ini? musik klasik yang pada saat itu memiliki sedikit keterikatan dengan peradaban Yunani kuno dan Roma, dan menjadikannya sebagai kebangkitan musik yang besar pada abad ke-18. Selain itu arti kata "klasik" lebih sempit dari makna populernya hari ini, yang mencakup Medieval, Renaissance, Baroque, Romantic, Modern dan Kontemporer.
Era Musik Klasik
Era Musik Klasik

Kunci untuk memahami perkembangan awal dari musik klasik pada periode waktunya yaitu terletak pada penampilan gaya musik tersebut ketika dimainkan. Banyak istilah yang disebutkan, diantaranya Galant, Rococo, Emfindsamer stil (gaya sensitif), dan kata-kata deskriptif lain yang menekankan pada keindahan permainan musik tersebut seperti keseimbangan formal, ekspresi yang halus, harmoni diatonis, dan melodi yang jelas. Semuanya itu bertentangan dengan permainan yang kasar, rumit, dan penuh gairah dari Baroque. Perbedaan yang mencolok dari komposer musik klasik adalah mereka sangat menonjolkan ketinggian elegan dalam memainkan musik mereka, akan tetapi dalam berbagai gerakan mereka tetap menunjukkan kealamian dan kesederhanaan atas intelektualitas dan penjabaran musik mereka.

Berkat tiga serangkai yang berasal dari Vienna yaitu Franz Joseph Hydn, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig Van Beethoven, para pendengar musik cenderung berfikir musik klasik pada dasarnya berasal dari Austria. Tapi asal-usul sebenarnya berasal dari Italia, atau lebih tepatnya dapat ditelusuri di Bologna, dimana seorang komposer Francesco Durante mulai memberikan kepada murid-muridnya estetika penyederhanaan radikal dalam bermain musik. Hingga akhirnya pelajaran tersebut sampai dipahami oleh muridnya yang bernama Giovanni Pergolesi, yang telah berhasil menerapkan tekstur permainan yang tipis dan melodi yang sigap atau lebih jelas.

Kemudian semenjak saat itu, segera komposer-komposer Italia dan Jerman yang sangat erat mengamati perkembangan musik klasik mencoba mengembangkan ide-ide tersebut kedalam bentuk simfoni. Pada awalnya hanya dipahami sebagai bentuk vokal grup atau opera, simfoni atau simfonia mulai mengambil perannya sebagai jenis hiburan konser orkestra gedung atau pengadilan. Meskipun Giovanni Battista Sammartini biasanya dikreditkan sebagai komposer pertama yang menulis simfoni klasik, komposer asal Vienna Georg Matthias Monn mungkin telah mendahuluinya beberapa tahun lebih awal.

Baca juga Sejarah Perkembangan Musik Orkestra.

Johan Sebastian Bach yang merupakan seorang komponis Jerman lahir di Eisenach 21 Maret 1685 dan meninggal 28 Juli 1750 ketika menginjak usia 65 tahun. Karya-karyanya pada saat itu masih banyak yang tercermin dalam karya komposer Baroque tua. Seperti halnya Georg Philipp Teleman, karena gaya musik klasik baru muncul di tengah panggung Eropa sekitar tahun 1750.

Seorang mahasiswa dari Italia Nicola Porpora, Franz Josef Haydn yang berasal dari keluarga Austro-Hungarian Eszterhazy 1759. Merupakan orang yang rajin dan sopan, Haydn bekerja keras selama tiga dekade, menciptakan, berlatih, dan menampilkan berbagai musik berkualitas tinggi untuk pelanggannya. Haydn merevolusi simfoni dengan menerapkan prinsip sonata-allegro, yaitu prinsip yang menerapkan ciri khas empat gerakan : gerakan pertama cepat, gerakan kedua cukup lambat, ketiga minuet, dan keempat finale. Haydn juga dicetuskan sebagai komposer yang menggunakan string quartet yaitu dua biola, viola dan cello. Karya-karya Haydn yang begitu fenomenal dan banyak dimainkan dimana-mana dengan penuh semangat banyak dipelajari oleh komposer lain, salah satunya adalah Mozart.

Kemudian lahirnya seorang anak ajaib, Wolfgang Amadeus Mozart yang diajari komposisi oleh ayahnya yang bernama Leopold Mozart. Karya awalnya sangat dipengaruhi oleh guru Bolognese dan merupakan siswa yang paling cemerlang, Johann Christian Bach. Mozart merupakan gabungan beberapa bakat gaya populer sehingga musik terdengar begitu berkualitas dan jauh lebih berharga. Mungkin kontribusi terbesar Mozart datang dari opera, tapi dia juga memiliki kontribusi untuk simfoni, musik ruangan, dan musik paduan suara. Reputasi Mozart tidak tergantung pada inovasi yang diperkenalkan oleh Haydn, melainkan adalah penguasaan, efektifitas, dan keindahan musik semata-mata menempatkan karya dikelasnya tersendiri. Kematiannya yang terbilang cepat (1756-1791) dalam usia 35 tahun, memberikan kehilangan yang sangat besar pada masa itu.

Ludwig Van Beethoven (1770 – 1827) lahir di Bonn, Jerman dan meninggal di Wina, Austria. Pada tahun 1972 Beethoven pindah ke Wina, Austria untuk membuktikan dirinya sebagai pewaris alami untuk Mozart dan bentuk penuaan masa Haydn. Pada akhir dekade ini, Beethoven banyak menunjukan batas-batas yang rapi dalam permainan musik klasik, sehingga karya-karyanya dianggap sebagai babak baru dalam kehadiran era Romantic. Banyak dari para peneliti musik dan kritikus pada saat itu menilai Beethoven telah kehilangan kewarasannya, karena panjang atau pendek karya-karyanya mengambil lingkup dan intensitas yang bertentangan dengan gaya klasik, bahkan dari segi logika permainannya. Beethoven mendefinisi ulang piano sonata sebagai bentuk kuat dari ekspresi individu, menulis quartet string kompleksitas yang tak tertandingi.

Pada akhir 1810, komposer muda seperti Franz Schubert dan Franz Berwald mulai mengambil petunjuk bahwa Beethoven berada di jalur yang benar. Pada tahun 1824, Beethoven Ninth Symphony, yang memiliki panjang lagu lebih dari satu jam, menjadi model baru dari sebuah simfoni, bentuk orkestra yang diperluas, paduan suara, empat orang solois vokal, dan visi dunia baru.

Selama era klasik, komposer mulai mengerahkan pengaruh yang lebih penting untuk pertunjukkan musik mereka. Haydn menyarankan agar sebelum konser sebaiknya melakukan satu kali latihan, sebelum mulai dengan konser yang sesungguhnya. Tanda ekspresi dan tempo mulai diterapkan dalam komposisi mereka. Beethoven mulai membuat metronom untuk mengatur tempo musiknya. Klarinet, Bassoon dan trombone muncul sebagai instrumen penting selama periode tersebut.

Salah satu ciri dari musik klasik adalah munculnya komik opera, karena opera mulai menggila dengan kombinasi musik klasik pada abad ke-18. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...