Tips yang Harus di Ingat Ketika Memilih Pick Gitar

Sebuah Pick gitar (plectrum dalam bahasa Inggris) mungkin terlihat seperti benda kecil yang tipis, bahkan bisa jadi lebih tipis dari senar nomor satu gitar anda. tapi sebenarnya itu adalah perangkat perkasa yang perlu diperhitungkan terutama bagi anda yang memainkan gitar elektrik, mungkin sedikit hal yang berbeda jika anda adalah seorang pemain gitar klasik. Setiap gitaris yang tidak pernah memperhitungkan dan memperhatikan ukuran, bahan, kualitas suara yang dihasilkan dan seluk-beluk lainnya dari sebuah pick mungkin harus mempertimbangkan kembali sebelum menggunakannya.


Tips yang Harus di Ingat Ketika Memilih Pick Gitar
Tips yang Harus di Ingat Ketika Memilih Pick Gitar

Sejarah pick sebenarnya kembali lagi kepada zaman kerajaan Mesir kuno. Gambaran yang menerangkan penggunaan alat ini awalnya terlihat pada relief yang terpajang di dinding piramida. Tempurung penyu, tulang, gading dan batu semuanya digunakan untuk pembuatan awal dalam pengembangan sebuah pick. Hari ini bahan yang digunakan untuk membuat pick jauh lebih bervariasi, dan tentunya lebih jauh juga untuk membunuh hewan-hewan yang ada. Tentunya efek suara yang dihasilkanpun berbeda dari berbagai bahan yang digunakan.

Berikut ini adalah tips yang harus di ingat ketika memilih pick gitar :

Perhitungkan ukuran pick

Pada umumnya pick gita memiliki tiga macam ukuran : tipis (0,5 – 0,8 mm), sedang (1 mm), tebal (1,5 – 2 mm). Sedangkan dari dari bentuknya sendiri pick terdiri dari berbagai macam, yaitu triangle (pick yang berbentuk segitiga dan agak melebar), teardrop (pick ini masih berbentuk segi tiga, namun lebih runcing kebagian bawah atau ujung pick. Mungkin sesuai namanya teardrop "air mata yang jatuh"), small teardrop (sama dengan teardrop namun ukurannya lebih kecil), pentagon (berbentuk seperti gedung menara yang terbalik), leaf (berbentuk seperti gigi taring atau daun).

Pick yang besar biasanya sangat cocok untuk gitaris yang memiliki kelemahan atau jari yang sedikit kaku. sedangkan pemain jazz biasanya memilih pick yang ukurannya lebih kecil, karena sering menggunakan jari untuk memetik gitar, sehingga menciptakan nada yang lebih lembut. Kebanyakan untuk pemain rock, country, blues para pemain banyak yang menggunakan pick ukuran sedang, ini berfungsi untuk mereka dalam menghasilkan suara yang tegas dan kemudahan menggunakan jari dala memindahkan switch pada gitar.

Jenis bahan

Berbagai pick biasanya terbuat dari plastik (nilon, polyethylene, seluloid, dan jenis lainnya). Derek Bailey, seorang seniman yang sering berimprovisasi asal Inggris, membuat pick sendiri menggunakan bahan pembuat gigi buatan (dentals). Pick yang terbuat dari tempurung kura-kura memang masih tersedia namun sangat jarang atau sulit untuk didapatkan. Terdapat juga pick gitar yang terbuat dari logam perunggu dan baja. Umumnya, semakin sulit bahan yang digunakan untuk membuat sebuah pick akan membuat lebih cerah dan lebih menggigit nada yang dihasilkan. Terdapat sedikit masalah yang dihasilkan jika menggunakan sebuah pick logam terutama jika kita kurang lihai dalam menggunakannya, mereka dapat merusak body dan fretboards pada gitar.

Tipis atau tebal

Secara umum pick yang tipis dan lebar banyak digunakan untuk gitar akustik, sementara pick yang tebal dengan ukuran menengah atau lebih berat lebih cocok digunakan untuk gitar elektrik. Menggunakan pick tipis terhadap efek distorsi tidak akan menonjolkan nada yang dihasilkan, sedangkan jika digunakan pada gitar akustik masing-masing nada yang dimainkan akan terdengar dengan sangat jelas.

Daya tahan

Ingat pick yang tipis akan lebih cepat aus dan cepat robek dibandingkan dengan pick tebal, jika lebih banyak memainkan komposisi melodi ketika bermain musik, sesuaikanlah pick yang cocok dari bentuk ukurannya untuk anda gunakan pada permainan tersebut.

Style (gaya pick yang digunakan)

Jenis musik yang anda mainkan juga menjadi faktor ketika memilih sebuah pick. Misalkan untuk suara yang berat, gunakanlah pick yang berat. Seorang gitaris black metal lebih cenderung menggunakan pick yang super tebal (1,5 -2 mm). Jadi ketika memilih pick anda harus sesuaikan juga dengan aliran musik yang anda mainkan.

Branding (merek)

Mungkin ini adalah salah satu yang jarang atau bahkan tidak pernah dipertimbangkan sama sekali oleh seorang pemain gitar, yaitu memilih sebuah merek atau branding tertentu pada sebuah pick. Sebenarnya banyak perusahaan pembuat pick yang memiliki model pilihan, berdasarkan logo, nama, info kontak, website, dll. Tentu saja mereka menawarkan kualitas terbaik.

Bentuk eksentrik

Produsen telah mencoba berbagai macam desain pick dan berbagai bahan yang membuat mereka terasa berbeda saat digunakan, jangan terganggun oleh model-model dan bentuk yang lain tersebut. karena pada dasarnya bentuk pick dasar adalah segi tiga, dan memang bentuk tersebut yang sangat dianjurkan untuk dimainkan oleh seorang gitaris.

Teknik

Dengan memilih pick yang tepat akan memainkan peran yang sangat penting dalam teknik permainan gitar anda. Perhatikan gitaris-gitaris dunia yang hebat, musik jenis apa yang mereka mainkan? Gitar yang digunakan? Dan pick jenis bagaimana yang mereka gunakan?

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...