Fakta Yang Terdapat Pada Jantung Manusia

Jantung adalah organ pada tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai pompa atau lebih jelasnya adalah mendorong darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh anda setiap hari. Dengan memompa lebih dari 100.000 kali per hari dan terus berlangsung selama bertahun-tahun. Jantung dapat memompa darah semakin besar atau semakin kecil (memperluas dan kontraktor). Saat berolahraga dibutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk darah dipompa oleh jantung menuju  hingga ke jempol kaki dan kembali lagi ke jantung anda. Proses ini mendorong darah melalui sekitar 60.000 mil pembuluh darah, atau setara dengan mengelilingi seluruh dunia sebanyak dua setengah kali! Berikut adalah beberapa fakta dari organ yang sangat penting pada tubuh manusia ini.

Fakta Yang Terdapat Pada Jantung Manusia
Fakta Yang Terdapat Pada Jantung Manusia

Fakta menarik yang terdapat pada jantung manusia :

Jantung anda berdetak sebanyak 100.000 kali perhari atau sebanyak 36.500.000 kali setahun. Ini menandakan lebih dari 1 miliar denyut jantung jika anda melewati usia 30 tahun! Yang menarik selama masa pakai ini berlangsung, perbandingan denyut jantung dengan usia anda akan mengalahkan sebanyak 2,5 miliar kali!

Dokter yang mempelajari dan merawat jantung dikenal sebagai ahli jantung. Mereka dapat memperbaiki banyak masalah dengan jantung melalui obat-obatan yang berbeda, atau kadang-kadang dengan pembedahan.

Terdapat empat katup khusus pada jantung manusia, katup ini hanya memungkinkan dara keluar dengan satu cara, jadi ketika jantung meremas keluar, ia mengalir pergi melalui katup dengan arah yang benar.

Sisi kanan jantung memompa darah ke dalam paru-paru dan ke sisi kiri jantung, sedangkan sisi kanan jantung anda memompa darah ke seluruh tubuh anda.

Jantung anda berjalan dengan sinyal listrik. Terdapat sebuah letak khusus di bagian atas jantung kanan anda yang dikenal sebagai node SA, mengirimkan sinyal listrik ke seluruh jantung anda. Hal ini menyebabkan jantung untuk memompa atau memeras (atau disebut juga dengan kontrak) dan mendorong darah keluar. Node SA menyebabkan jantung anda berdetak dalam jumlah tertentu kali untuk satu menit.

EKG atau juga disebut dengan ECG (Elektrokardiogram) memungkinkan Dokter untuk melihat listrik melalui jantung. Tes khusus ini dapat menginformasikan terhadap dokter jika bagian jantung yang sakit, seperti setelah terkena serangan jantung.

Terdapat banyak pembuluh darah yang melekat pada jantung anda. Pembuluh darah yang membawa darah ke jantung anda disebut dengan Vena, pembuluh yang membawa darah dari jantung anda disebut Arteri. Ada beberapa pembuluh darah yang sangat besar dan Arteri dalam tubuh anda - Vena Cava (superior dan inferior, atau di atas dan di bawah) adalah Vena yang mengumpulkan dari semua pembuluh darah lain dan membawanya ke jantung. Aorta adalah Arteri besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh Arteri lainnya dalam tubuh anda.

Hanya terdapat satu pembuluh darah yang membawa darah kaya akan oksigen, dan itu disebut dengan Vena Paru yang berfungsi untuk membawa darah dari paru-paru ke sisi kiri jantung anda. Ada juga satu Arteri yang terdapat pada tubuh anda yang membawa darah yang miskin akan oksigen, itu disebut dengan Arteri Paru-paru yang berfungsi untuk membawa darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru anda.

Serangan jantung menyebabkan terbentuknya sebuah jaringan parut atau jaringan bekas luka yang terbentuk di dalam jantung, seperti sebuah bekas luka terhadap jantung anda seperti di iris-iris atau dipotong. Bekas bagian luka tersebut tidak dapat memeras seperti otot, jadi jika pada sebuah jantung terlalu banyak memiliki jaringan parut dapat menyebabkan masalah, seperti gagal jantung.

Semoga bermanfaat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...