Apa Yang Membuat Desain Blog Terlihat Baik

Ketika kita sedang berselancar di internet, terkadang kita sering melihat sebuah desain blog atau website yang terlihat menarik bahkan bisa juga terlihat menyebalkan ketika sedang kita akses. Akan tetapi sebuah desain blog atau website yang baik tentu akan memiliki beberapa elemen yang unik dibandingkan dengan sebuah desain blog yang terlihat biasa saja atau kurang menarik. Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dan perlu diingat ketika merancang desain blog yang baik.
Apa Yang Membuat Desain Blog Terlihat Baik
Apa Yang Membuat Desain Blog Terlihat Baik

Konten Harus Fokus

Sebuah blog atau website tidak ada nilainya tanpa isi atau konten. Dalam rangka menjaga pengunjung anda terfokus pada konten, hal ini harus menjadi fokus utama pada sebuah desain. Pengunjung akan merasa terganggu dengan gambar yang terlihat berlebihan dan ornamen-ornamen yang terlalu berlebihan sehingga membuat sebuah blog menjadi kontraproduktif. Untuk sebuah alasan ini, banyak dari desain blog terbaik adalah cukup sederhana. Kesederhanaan tampilan desain  sebuah blog adalah hal yang paling baik bagi anda yang ingin menekankan konten.

Kemudahan Navigasi

Seorang pengunjung akan datang ke blog atau website anda melalui mesin pencari, link dari blog lain, RSS Feed, situs media sosial, dll. Karena jika traffic pengunjung anda sudah banyak hanya sebagian kecil dari pengunjung anda yang akan memasuki halaman blog langsung dari halaman utama. Hal inilah yang menyebabkan sebuah desain navigasi sebuah blog sangat penting. Sidebar biasanya akan mencakup sebagian besar navigasi dengan link ke kategori, posting terbaru, dan kadang-kadang entri populer. Pada bagian footer juga terkadang digunakan untuk navigasi tambahan.

Akses yang Cepat

Banyak dari para pengunjung anda memiliki rentang waktu perhatian yang sangat pendek, hal ini berlaku untuk semua blog atau website dimanapun. Dalam rangka untuk segera menangkap perhatian para pengunjung dan menghindari mereka dengan segera meninggalkan situs anda, halaman anda harus memiliki kemampuan diakses yang cepat. Hal ini merupakan bagian yang penting bagi anda yang berencana untuk menggunakan media sosial untuk menghasilkan traffic pengunjung. Beberapa website yang terlalu banyak menggunakan widget yang terlalu berlebihan akan membuat akses situs menjadi berat. Dengan menjaga blog anda bersih dan bebas dari komponen item yang tidak diperlukan, maka anda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengakses website anda.

Konten yang Bermutu Pada Halaman Blog

Hal ini merupakan sebuah pendapat dari para blogger profesional, tapi pendapat ini dipercaya dapat mendatangkan banyak pengunjung jika anda menyediakan konten yang berkualitas pada blog anda. Buatlah sebuah artikel yang berkualitas bagi pembaca yang berkunjung ke website anda, dengan tujuan mereka dapat lebih tertarik untuk melihat artikel-artikel yang lainnya. Sekali lagi, hal ini sangat penting untuk lalu lintas dari situs media sosial. Dengan judul yang menarik akan membawa pengunjung untuk berkunjung ke blog anda.

Mengesankan Bagi Pengunjung

Sebagian besar pembaca blog mengunjungi beberapa blog dalam setiap harinya, dan banyak dari mereka akan menemukan website dengan tampilan free template (gratis) yang sama. Buatlah desain template yang memudahkan pengunjung untuk mengingat tampilan website anda, yang di desain sendiri walaupun dengan template gratis atau anda sengaja membeli sebuah template premium yang dirancang secara profesional.

Tidak Berlebihan Dalam Pemasangan Iklan

Untuk sebagian besar membuat blog untuk menghasilkan uang adalah dengan pemasangan iklan. Namun, dalam kasus ini sangat penting efektifitas pemasangan sebuah iklan dengan tidak membiarkan mereka mengambil alih tampilan desain blog anda. Pembaca akan merasa terganggu jika sebuah blog atau website terlalu didominasi oleh iklan, bahkan jika iklan tersebut terdapat pada isi artikel.

Kompatibilitas Dengan Berbagai Browser

Pengunjung anda akan menggunakan sejumlah browser yang berbeda, dan jika blog anda tidak berfungsi dengan baik dalam berbagai browser maka bersiaplah anda kehilangan pembaca yang telah berkunjung ke situs anda. Untungnya, 90% dari pengunjung anda mungkin akan menggunakan 3 atau 4 browser terkemuka. Untuk mengetahui bahwa blog anda berfungsi dengan baik maka anda harus mengujinya pada beberapa browser.

Gunakan Komposisi Warna yang Baik

Desain terbaik sebuah blog, sangat efektif menggunakan warna untuk memperbaiki penampilan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan kadang-kadang komposisi sebuah warna dalam desain website merupakan sebuah aspek halus dalam sebuah desain website. Buatlah sebuah komposisi warna yang menurut anda terasa sempurna, yang dapat membuat pengunjung terasa nyaman dan berkesan ketika membaca artikel anda.

Baca juga artikel : Komposisi Warna Untuk Website e-commerce.

Mudah Dibaca

Hal ini cenderung lebih tertuju kepada isi website anda dibanding terhadap tampilan desain. Perlu diingat bahwa sebagian besar pengunjung atau pembaca akan memindai tulisan anda dibanding harus membacanya dengan mengeja secara perkata. Gunakanlah fasilitas dalam format pengetikan seperti headline, spasi, list (daftar), penebalan teks untuk memudahkan pembaca dalam membaca tulisan anda.

Komponen Penting Harus Terletak Pada Posisi Utama

Desain yang efektif akan menarik perhatian pembaca untuk komponen atau item-item yang penting, seperti informasi berlangganan (subscribe). Link yang paling penting, gambar umumnya harus dapat terlihat secara langsung ketika pembaca berkunjung ke website anda. Membuang komponen yang tidak penting juga akan membantu pengunjung terfokus pada komponen yang lebih penting dari website kita.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...