Sejarah Menara Eiffel

Tentu semua pembaca mengetahui bahwa bangunan yang paling terkenal di Paris, Perancis adalah menara Eiffel. Menara ini telah banyak dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia, dikarenakan keistimewaan dan keindahan bangunan ini. Dengan tinggi mencapai 325 meter, menara Eiffel memiliki sejarah panjang dibalik cerita pembangunannya hingga selesai. Digunakan sebagai pemancar radio hingga sebagai menara pengamatan, hingga saat ini menara Eiffel memiliki kesan yang berbeda bagi kebanyakan orang yang mengunjunginya, karena banyak dijadikan sebagai ikon romantisme dunia. Banyak film, cerita fiksi dan pagelaran penuh cinta diadakan di sini.
Sejarah Menara Eiffel
Sejarah Menara Eiffel

Awal pembangunan menara Eiffel

Orang sekaligus perancang dibalik berdirinya bangunan megah ini adalah Gustav Eiffel, bahkan menara ini memiliki nama dari perancangnya tersebut. Pada awalnya Gustav sangat ingin membangun menara di Barcelona. Sayangnya rencana yang dirinya tawarkan sangat memiliki kesan aneh dan bangunan tersebut tidak sesuai dengan nilai budaya di daerah tersebut. Selain itu, biaya pembangunan menara terbilang sangat mahal. Akhirnya dia mundur untuk membangun menara jenis apapun di kawasan Eropa.

Pembangunan menara Eiffel muncul berdasarkan ide dua anak buah Gustav yang bernama Maurice Koechlin dan Emile Nouguier. Pada awalnya Gustav sangat tidak tertarik dengan ide ini, namun begitu melihat rencana semakin matang dan berjalan lancar, Gustav akhirnya mengambil alih dan menjalankan proyek tersebut. Akhirnya dia membeli hak paten terhadap menara tersebut hingga dikenal sebagai menara Eiffel yang sangat megah dan dikenal oleh banyak orang.

Tujuan pembangunan menara Eiffel

Menara Eiffel pada awalnya dibangun untuk pameran dunia, pihak pengembang memiliki tujuan ingin menjadikan menara ini sebagai tanda peringatan seratus tahun Revolusi Perancis. Menara ini memiliki makna simbol kekuatan Perancis yang sangat luar biasa. Berdasarkan keterpurukannya Eropa di abad ke-18 negara ini mampu berjuang dan membuat revolusi yang sangat besar, bahkan banyak berpengaruh ke negara-negara di dunia.

Selain dari misi dasarnya, Gustav Eiffel juga menyatakan bahwa menara ini juga sebagai simbol ilmu pengetahuan moderen, sekaligus simbol ilmu pengetahuan dunia dari masa ke masa. Dimana menandakan bahwa sains hidup berdampingan bersama manusia. Itulah mengapa di menara ini terdapat sekitar 72 nama dari para ilmuwan dan insinyur yang sangat terkenal di Perancis.

Struktur pembangunan dan bentuk menara Eiffel

Struktur pembangunan dari menara Eiffel dimulai pada awal tahun 1889 dan dibuka untuk umum pada 06 Mei 1889. Dalam pembangunannya, sekitar 300 orang pekerja dilibatkan untuk mengatur struktur bangunan ini dengan total berat mencapai 10.000 ton. Para pekerja harus bekerja ekstra keras, karena harus mengatur 18.038 potongan besi tempa serta 2.5 juta paku keling yang tertanam didalamnya. Setelah berjibaku selama berbulan-bulan, akhirnya bangunan ini selesai dengan ketinggian dari tanah mencapai 300 meter, lalu ditambahkan dengan antena menjadi 325 meter.

Pada awalnya bentuk dari menara ini banyak mendapat kritikan, karena sturkturnya dibangun tidak memiliki nilai seni bahkan lebih mirip struktur jembatan yang berada di sungai. Gustav Eiffel menyatakan bahwa bentuk struktur bangunan ini dibuat sesuai dengan perhitungan matematika, dengan tiupan angin diatas sangat diperhitungkan agar menara tidak roboh meski dibuat dengan sangat tinggi.

Dibukanya menara Eiffel dan tanggapan warga sekitar

Menara Eiffel dibuka pertama kali pada bulan Mei 1889, pada saat itu menara sudah dilengkapi dengan lift yang dapat membawa pengunjung ke puncak ketinggian. Tentu saja hal ini banyak mengundang wisatawan dari berbagai wilayah Perancis, bahkan banyak yang datang jauh-jauh dari negara sekitar untuk melihat kota Paris dari ketinggian yang menakjubkan.

Meski menjadi daya tarik bagi sebagian orang, protes terhadap pembangunan menara ini masih sering terjadi. Banyak warga sekitar yang merasa tidak senang dengan dibangunnya menara ini, karena takut jika bangunan ini tiba-tiba roboh dan bangunan tinggi ini merusak pemandangan di sekitar kota.

Fungsi menara Eiffel saat ini

Meski awalnya menara ini hanya digunakan sebagai peringatan seratus tahun Revolusi Perancis, menara ini sekarang telah menjadi menara yang dikagumi di dunia. Sekarang ini menara Eiffel dikenal sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia. Setiap tahunnya lebih dari 3 juta orang datang kesini untuk menikmati pemandangan merara buatan Gustav Eiffel.

Saat ini menara Eiffel digunakan untuk menara pemancar radio. Banyak sekali stasiun berita lokal menggunakan menara ini untuk menjangkau setiap pendengarnya di seluruh kota Paris. Selain itu juga, menara Eiffel digunakan untuk pengamatan , baik cuaca maupun penerbangan yang ada di Perancis.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...