Manfaat Susu Kedelai

Kandungan-kandungan gizi yang terdapat pada susu kedelai dapat melebihi kandungan gizi yang terdapat pada susu sapi, oleh karena itu susu kedelai juga cocok untuk pengobatan karena merupakan protein nabati yang rendah lemak dan kolesterol serta mengandung nutrisi pelengkap yang baik bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Susu Kedelai
Manfaat Susu Kedelai

Antioksidan yang terdapat dalam susu kedelai dapat menangkal radikal bebas didalam tubuh yang akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Jika ingin hidup sehat, mulai konsumsilah susu kedelai setiap pagi sebagai pengganti susu sapi dan berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi anda yang ingin menjalankan hidup sehat.
  1. Susu kedelai kaya akan protein, dimana protein pada susu kedelai tersusun oleh asam amino, seperti lesitin, arginin, glisin, lisin, leusin, niasin, triptofan, isoleusin, treonin, dan fenilalanin. Protein yang terkandung dalam susu kedelai baik untuk pertumbuhan dan tumbuh kembang anak, memperbaiki jaringan tubuh dan merupakan penyusun hormon insulin dan glikogen didalam pankreas karena susu kedelai mengandung asam amino arginin dan glisin.
  2. Lemak nabati yang terkandung di dalam susu kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh.
  3. Susu kedelai yang mengandung karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu serat yang ada pada susu kedelai juga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.
  4. Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan fungsi penglihatan dan pertumbuhan tulang karena mengandung vitamin A.
  5. Vitamin B1 atau tianin sangat bermanfaat dalam membantu reaksi-reaksi yang ada didalam tubuh untuk menghasilkan energi. Sedangkan kandungan B2 yang ada pada susu kedelai merupakan suatu pigmen yang memang banyak terdapat pada semua jenis susu.
  6. Vitamin E pada susu kedelai memberikan manfaat untuk memperbaiki dan melancarkan reproduksi, baik bagi pria maupun wanita, seperti melancarkan haid atau menstruasi, mencegah gejala impotensi dan mencegah keguguran. Kemudian juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan produksi ASI dan sebagai anti-oksidan yang menangkal radikal bebas didalam tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan mencegah penuaan dini.
  7. Manfaat susu kedelai yang lain adalah adanya kandungan mineral untuk meningkatkan kekuatan tulang, gigi, kuku serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, mineral juga berfungsi dalam membantu proses pertumbuhan tulang anak menuju dewasa.
  8. Susu kedelai juga mengandung polisakarida yang bermanfaat menekan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal tersebut sangat membantu mengendalikan penyakit diabetes.
  9. Isoflavon yang terkandung pada susu kedelai merupakan asam amino yang memiliki vitamin dan gizi dalam kacang kedelai yang membentuk flavonoid. Flavonoid merupakan pigmen, seperti zat hijau daun yang biasanya berbau. Zat hijau daun memilik banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, manfaat dari isoflavon yang terkandung pada susu kedelai adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuhh, merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mencegah sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan gigi, mengendalikan tekanan darah, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah resiko obesitas dan menghilangkan gejala penyakit maag.
  10. Susu kedelai baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat yang dapat membantu perkembangan  otak janin.
  11. Kalsium yang ada pada susu kedelai berfungsi untuk memperkuat tulang, membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang.
  12. Kandungan HDL atau High Density Lipoprotein pada susu kedelai mampu mencegah proses pengapuran dengan menyedot timbunan lemak dan kolesterol yang bersifat jahat yang kemudian dibawa ke lever dan nantinya akan dibuang melalui empedu. Oleh karena itu, kandungan HDL ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.
Silahkan baca artikel : Manfaat Buah Zaitun

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...