Sejarah Menara Miring Pisa

Tidak ada hasil buatan manusia yang selalu sempurna, salah satunya adalah bangunan buatan manusia pada abad ke-11 ini yaitu sebuah menara seberat 14.500 ton yang berbentuk miring. Kesalahan perhitungan konstruksi ini kemudian menjadikannya sebuah simbol bangunan kebanggan warga, dan terutama pujian terhadap orang yang merancangnya (walaupun itu adalah sebuah kesalahan)!
Sejarah Menara Miring Pisa
Sejarah Menara Miring Pisa

Menara Miring Pisa, yang dikenal sebagai Torre Pendete di Pisa di Italia, memiliki tampilan yang berbeda dari kebanyakan arsitektur abad pertengahan lainnya. Bagian-bagian bangunan tidak memiliki teknik konstruksi canggih yang digunakan, hanya sebuah pertanyaan yang membingungkan bagaimana cara mendesain bangunan ini hingga terlihat begitu menakjubkan.
Silahkan baca juga artikel : Sejarah Singkat Kota Pisa

Menara Miring Pisa merupakan bangunan ke-3 tertua di Pisa Piazza del Duomo (Cathedral Square), katedral dan kolam baptis pertama di kota tersebut. Menara ini merupakan pemahaman lanjutan dari berat bangunan dan beban karakteristik yang menunjukkan pengetahuan arsitektur Italia pada masa tersebut. Karena sangat jelas para arsitek tidak memperhitungkan pada bagian dasar menara dibangun diatas permukaan tanah liat yang tidak padat.

Awal tahun pembangunan Menara Pisa

Pembangunan Menara Pisa dimulai pada 09 Agustus 1173, pada awalnya menara ini dibangun untuk menjadi menara lonceng, menara dapat berdiri tegak selama 5 tahun, akan tetapi setelah selesai pembangunan lantai ketiga pada tahun 1178 menara mulai tampak terlihat miring, warga Italia terkejut karena menara tersebut benar-benar terlihat miring.

Pondasi dasar menara hanya setinggi 3 meter, dibangun diatas tanah padat yang memiliki campuran tanah liat. Ternyata tanah liat tersebut tidak cukup kuat menahan menara untuk dapat berdiri tegak, dengan bobot menara yang begitu besar terus menekan kebawah sampai menemukan titik terkuat tanah.

Setelah ini, konstruksi pembangunan dihentikan selama 100 tahun. Pemerintah berharap bahwa tanah saat ini dapat menahan bobot menara yang sangat berat. Serta kondisi saat itu, negara sedang difokuskan berperang dengan Genoa yang sangat merusak pada saat itu.

Pembangunan dilanjutkan kembali

Setelah 100 tahun berlalu, Giovanni di Simone pada tahun 1272 mulai menambahkan lantai ke-4 pada menara. Dia berhasil membuat menara menjadi lebih tinggi pada penambahan lantai tersebut.

Pada tahun 1284 pembangunan dihentikan kembali, kali ini karena pertempuran Meloria, dimana Pisa ditaklukkan oleh Genoa.

Pada tahun 1319 lantai ke-7 selesai dibangun. Bel-chamber ditambahkan pada tahun 1372, dan kemudian menara ini dibiarkan sampai dengan abad ke-19.

Pada tahun 1838 Alessandro Della Gherardesca seorang arsitek pada saat itu, menggali jalur di dekat dasar menara sehingga orang dapat melihat pondasi dasar menara yang rumit dibuat. Hingga saat itu menara dapat berdiri kokoh karena tanah yang menahan sudah berada pada titik terkuat.

Perang Dunia II

Merupakan perang yang sangat parah terjadi untuk seluruh belahan dunia manapun, dan dampaknya sangat dirasakan mulai dari Amerika hingga pedesaan Afrika. Untuk Menara Miring Pisa, ini adalah sebuah keberuntungan.

Ketika tentara Amerika menyerbu, mereka diperintahkan untuk menghancurkan setiap bangunan tinggi untuk menetralisir dari para penembak jitu. Tidak ada pengecualian untuk aturan ini, ratusan bangunan tinggi dihancurkan di setiap pedesaan Italia. Satu-satunya hal yang mencegah Menara Miring Pisa dari kehancuran adalah karena menara ini termasuk salah satu monumen nasional dan Amerika tidak perlu untuk menghancurkannya.

Menstabilkan kondisi bangunan

Pada tahun 1964, Italia meminta bantuan untuk mencegah Menara Miring Pisa mengalami kehancuran karena terjatuh. Mereka ingin menjaga dan tetap terlihat berdiri, karena pentingnya untuk menjaga pariwisata kota Pisa. Sekelompok tim insinyur dan sejarawan datang ke Azores untuk membahas masalah tersebut. Sebagai tindakan sementara, penyeimbang timah seberat 800 ton dipasang pada menara tersebut.

Pada tahun 1987, Menara Miring Pisa dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, bersama dengan seluruh Piazza Del Duomo.

Pada tahun 1990, Menara Miring Pisa ditutup untuk umum. Lonceng telah diangkat pada menara ini.

Kemudian menara ini dibuka kembali pada tahun 2001 untuk wisatawan, Menara Miring Pisa akhirnya kokoh dan aman.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...