Sejarah Singkat Kota Pisa

Pisa adalah sebuah kota yang indah, oriental dengan penuh hiasan, dan sangat kaya akan nilai sejarah. Ini adalah rumah yang megah bagi beberapa wisatawan yang mencari keindahan budaya objek wisata di Eropa.
Sejarah Singkat Kota Pisa
Sejarah Singkat Kota Pisa

Pisa lebih dari sebuah kota yang hanya memiliki menara miring dengan bel berbunyi diatasnya, namun menara ini adalah sebuah situs budaya yang telah memiliki usia berabad lamanya. Disamping itu terdapat berbagai usaha komersial, pemukiman kuno, dan tempat pendidikan yang tinggi di kawasan tersebut. Meskipun yang paling terkenal di kota ini adalah menara miring atau biasa disebut menara miring pisa yang luar biasa dan telah termasuk kedalam salah satu bangunan keajaiban di dunia, banyak membawa para wisatawan betah berlama-lama menyaksikan keajaiban ini.

Silahkan baca juga artikel : Sejarah Menara Miring Pisa

Kota Pisa, seperti yang kita kenal sekarang ini adalah hasil dari berbagai pengaruh global di seluruh dunia, bukan hanya Italia dan daerah di sekitarnya. Perang Dunia II telah banyak membawa korban kepada kota, merusak banyak bangunan terkenal dan daerah bersejarah pada saat itu. Namun, keduanya warga kota Pisa dan Italia sendiri telah mengembalikan Pisa menjadi sebuah kota yang indah, moderen, fungsional serta bersejarah.

Awal Sejarah

Kota Pisa pertama kali ditemukan di Italia relatif tidak berpenghuni pada saat itu, namun sering dijadikan sebagai tempat pemukiman bangsa Romawi yang bertujuan untuk tempat berlabuh dan terutama sebagai pusat perdagangan pada masanya karena letak kota ini berada pada pesisir laut. Pisa sebuah kota yang terbelah oleh sungai Arno, memulai sejarah panjangnya seperti garis pantai yang menjulang di wilayahnya.

Sebenarnya Pisa telah ada jauh sebelum kekaisaran Romawi, meskipun dalam arsip-arsip Romawi Pisa disebut sebagai kota tua. Siapakah pendiri kota Pisa tidak dapat dipastikan, tetapi diperkirakan salah satu pendiri kota ini adalah salah satu di bawah ini :
  • Bangsa Pelasgi
  • Bangsa Yunani
  • Bangsa Etruria atau Nekropolis
  • Bangsa Ligurians
Tentu saja sebuah kota besar ini sangat lengkap dengan segudang sejarah perang, konflik, dan pertempuran. Pada masa tersebut Pisa bertindak sebagai pusat komersial utama dan bertindak sebagai pelabuhan dan benteng pertahanan yang dilakukan oleh Romawi untuk menahan serangan yang berasal dari laut mediterania.

Pada tahun 180SM Pisa sebenarnya disebut sebagai Portus Pisanus atau merupakan sebuah koloni Romawi. Kemudian pada tahun 89SM berganti menjadi Colonia Iulia Obsequens dan kota itu dibentengi oleh Emeror Augustus.

Pisa pada abad pertengahan

Selama abad pertengahan, Pisa terlibat banyak konflik sekaligus sebagai sumber kemenangan militer dan kekayaan ekonomi untuk kota. Anda boleh percaya atau tidak, terdapat jangka waktu yang panjang dimana Pisa ditakuti dan dihormati karena kekuatannya dalam bidang militer dan ekonomi. Sebagai contoh pada abad ke-12 dan ke-13 Pisa memiliki kejayaan dengan menaklukkan Sardinia.

Seiring waktu kota Pisa mulai meluas dari perkemahan garis pantai hingga menjadi sebuah kota yang penuh, dengan dukungan budaya awal yang menyaingi kekuatan militer. Simbol agama yang besar seperti Duomo (dan menara lonceng yang terkenal di dunia) telah mengubah citra Pisa dari waktu ke waktu. Bahkan hingga sekarang ini lebih terkenal untuk universitas paling bergengsi di Eropa dan arsitektur yang indah dan religius dari Duomo, Baptistery dan Camponsanto.

Kemuduran Kota Pisa

Penurunan Pisa dimulai pada 1284 ketika dikalahkan oleh Genoa pada pertempuran Meloria.

Pada 1509, Pisa ditaklukkan oleh Florentines dan ini adalah akhir dari kemerdekaan Pisa. Pisa tidak lagi menjadi pelabuhan yang paling penting di Tuscany, peran ini beralih ke Livorno.

Pada tahun 1871 Pisa menjadi bagian dari Italia.

Pisa saat ini

Perang Dunia II menunjukan kerusakan pada kota bersejarah ini, namun Italia telah menghabiskan banyak waktu, uang dan sumber daya untuk memulihkan kota Pisa ke keadaan semula. Bahkan menara miring Pisa telah dibuka kembali dan dinyatakan stabil setelah beberapa ratus tahun.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...